Nexon Terkena Kasus Karena Manipulasi Loot Box Drop Rate
08 Jan · NEWS
Nexon Terkena Kasus Karena Manipulasi Loot Box Drop Rate

Disayangkan perusahan besar yang sudah memiliki nama, terkena kasus yang baru-baru ini dialami oleh perusahaan di Korea Selatan Nexon, mendapat masalah dan harus membayar denda sekitar 11,6 miliar won ($8,9 juta USD) diduga memanipulasi dan berbohong kepada pelanggannya tentang item dalam sebuah video game.

Menurut laporan The Korea Economic Daily Nexon, The Korea Fair Trade Commission (KTFC) mengatakan perusahaan pembuat game online seperti MapleStory dan Bubble Fighter, mendapat masalah karena mengubah seberapa sering item khusus muncul di dalam game (item drop rate).

The Korea Fair Trade Commission mengatakan mereka melakukan perubahan drop rate tanpa mengungkapkan perubahannya dengan alasan yang jelas, dan harus membayar denda. Hal ini berkaitan pada perolehan item dalam game.

Denda ini merupakan denda terbesar yang pernah dikenakan di Korea Selatan karena melanggar peraturan tentang Undang-Undang Perlindungan Konsumen dalam Perdagangan Elektronik di Korea Selatan.

Di dalam game MapleStory terdapat item khusus, item yang dimaksud bernama "Cubes" yang bisa kamu gunakan untuk mengatur ulang atau meningkatkan potensi perlengkapan. 

Cubes ini penting, namun jarang muncul. Dibalik yang membuat game tersebut, Nexon, diam-diam mempersulit pencarian Cubes yang kuat. memanipulasi tanpa pengumuman, membuat Cubes ini jadi sangat jarang muncul.

Pemain yang membayar menggunakan uang sungguhan untuk mendapatkan barang tersebut dalam game, tidak mengetahui seberapa besar kemungkinan mereka mendapatkan barang yang benar-benar bagus tersebut.

Penting bagi pemain untuk mengetahui peluang sehingga mereka dapat membuat pilihan cerdas mengenai apa yang akan dibeli. Nexon melakukan hal ini secara diam-diam yang membuat orang tidak mempercayai mereka dan tidak tahu apakah mengeluarkan uang untuk game tersebut merupakan ide yang bagus.

Badan anti monopoli mengetahui bahwa Nexon diam-diam mengubah tarif dan peluang pemain memenangkan item khusus dari Cubes dalam permainan mereka tanpa pemberitahuan.

Saat Cube pertama kali diperkenalkan pada Mei 2010, terdapat peluang yang sama untuk mendapatkan hasil. Namun pada pembaruan bulan September 2010, Nexon mengubah tarif sehingga opsi muncul lebih sedikit.

Perlu kalian ketahui, setiap Cube berharga 2.000 won, yaitu $1,50. Nexon telah menghasilkan banyak untung, sekitar 550 miliar won atau $420 juta, dengan menjual Cubes selama waktu tersebut.

“Kami menjatuhkan denda terbesar karena Cube merupakan produk inti dari game (MapleStory), jangka waktu pelanggarannya lama dan ini merupakan pelanggaran kedua (oleh Nexon) setelah Sudden Attack,” disampaikan Kim Jung-ki, sutradara dari departemen pengawasan pasar the Korea Fair Trade Commission.